Sekarang ini, banyak hal telah mengalami perkembangan dan perubahan di negara kita antara lain perkembangan perekonomian di Indonesia yang cukup pesat, teknologi yang semakin maju di era globalisasi serta kondisi politik Indonesia pada beberapa tahun terakhir menjadikan kondisi yang semakin kompetitif di dunia bisnis.
Kondisi ini secara otomatis akan mendorong perusahaan untuk senantiasa meningkatkan produksinya dan selalu menjaga kualitas produknya agar dapat bertahan di tengah pasar yang semakin kompetitif. Selain itu perusahaan juga harus meningkatkan performa dan kinerjanya dengan menjaga eksistensinya melalui kejelian dalam melihat peluang yang dimiliki. Itulah mengapa, secara umum kunci sukses utama perusahaan untuk meraih kesuksesan bisnis tergantung pada keahlian untuk mengatur sektor pemasaran.
Perusahaan dalam menghadapi pesaing diharapkan memiliki strategi yang tepat dan unggul dalam mencapai tujuan perusahaan. Suatu perusahaan dengan strategi yang baik harus memiliki kemampuan untuk memfokuskan pelayanan yang terbaik bagi target pasarnya sehingga loyalitas mereka tetap terjaga. Manajemen perusahaan perlu memperhatikan setiap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis yang mencakup faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal meliputi kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesses) sedangkan faktor eksternal meliputi peluang (opportunity) dan ancaman (threat). Seluruh elemen tersebut akan sangat membantu dalam penentuan strategi pemasaran perusahaan, sejalan dengan perencanaan strategi manajemen. Bila terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan strategik walau sekecil apapun akan mengakibatkan hilangnya peluang perusahaan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan hasil penjualan dan pangsa pasarnya.
Pertumbuhan bermacam-macam industri rumah tangga yang berkembang pesat saat ini diantaranya adalah kerajinan ukir, kerajinan ukir sebagai salah satu wujud produk industri kerajinan yang bernilai seni tinggi dan cukup eksis dalam dunia bisnis. Kerajinan ukir merupakan salah satu industri yang sifatnya padat karya.
Di kota Jepara terdapat industri ukiran yang mengelola berbagai kerajinan ukir yang beraneka ragam yang dapat ditemui. Sebagai hasil interaksi untuk meningkatkan nilai seni tinggi, kerajinan ukir dibedakan menurut motif, sehingga memudahkan untuk menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. Meskipun bahan utama yang dipakai dalam pembuatan ukiran adalah kayu jati, ukiran juga dapat diberi pewarnaan yang disebut: finishing, bakar, plitur, marmer dan sending. Tujuannya adalah untuk menarik minat konsumen, meningkatkan nilai jual, dan memperindah nilai seni ukiran. Seiring dengan kondisi persaingan yang semakin ketat saat ini, perusahaan perlu menerapkan strategi agar dapat menghadapi persaingan dan slalu eksis di industri kerajinan ukir saat ini.
Perusahaan dituntut secara terus menerus untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kreatif dan inovasif adalah adalah modal yang harus dimiliki pelaku bisnis untuk mempertahankan usaha yang dijalankan (survive), sehingga tidak akan ketinggalan perkembangan zaman.Seorang wirausaha seharusnya memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih dari yang non-wirausahawan. Hal-hl yang belum tepikirkan orang lain sudah terpikirkan olehnya dan dia mampu membuat hasil inovasinya itu menjadi keuntungan (demand). Karena seorang wirausaha selalu mencari perubahan dan memnfaatknya menjadi peluang.
Pengembangan dan menjaga kualitas produk adalah target yang harus ditempuh dalam memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan yang diinginkan oleh pasar, dalam hal ini keinginan dari konsumen memegang peranan yang sangat penting. Evaluasi pasar sangat dibutuhkan sehingga produk yang ditawarkan tidak mengecewakan konsumen. Mengetahui posisi dan keunggulan bersaing merupakan salah satu yang harus di miliki perusahaan untuk menetapkan strategi pemasaran secara tepat. Memberikan pilihan produk yang beraneka ragam variasi produk, kreatifitas dan inovasi yang dikembangkan dengan kualitas yang baik yang disesuaikan dengan keinginan konsumen. Kreatifitas dengan merubah karakter dan bentuk produk, tujuannya adalah untuk menarik dan memikat konsumen. Dengan membedakan produk yang ditawarkan tidak sama dengan pesaing. Perubahan bentuk dan karakter produk disesuaikan dengan harga produk terhadap kondisi pasar, konsumen, dan saluran distribusi. Inovasi seperti ini bisa dijadikan peluang dan menjadi keuntungan perusahaan.
Saat ini semakin banyak pesaing baru yang potensial bergerak dibidang sama, persaingan dalam bisnis tidak dapat dihindari. Perusahaan harus selalu waspada dan selalu keatif dan menjaga kualitas produk. Inovasi untuk menjaga dan memperluas relasi merupakan wujud pelayanan bagi konsumen, karena konsumen semakin bervariasi dan lebih selektif dalam mencari produk yang sesuai dengan keinginan.
Pasar sekarang yang semakin berkembangan dan selalu berubah-ubah, akan semakin banyak juga persaingan baru yang potensial. Persaingan akan semakin ketat dan pasar yang luas membuat perusahaan mengevaluasi dan menyiapkan strategi pemasaran dengan matang dan terstruktur agar dapat menjalankan kegiatan bisnis dengan lancar.
Dalam menentukan strategi pemasaran sangat diperlukan mengidentifikasi indikator-indikator internal seperti: image perusahaan, citra produk, variasi produk, kualitas SDM, kualitas produk, pelayanan, promosi, lokasi, harga, distribusi, dan aspek keuangan. Sedangkan indikator eksternal antara lain: daya beli konsumen, pertumbuhan pasar, loyalitas konsumen, aliansi strategi, pesaing baru yang potensial, hambatan memasuki pasar, perubahan selera pasar, penurunan daya beli konsumen. Dengan indikator-indikator tersebut, perusahaan dapat mengetahui posisi bisnis yang dapat memberi gambaran tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman menetapkan strategi pemasaran.
Demikian sedikit wawasan untuk menciptakan peluang bisnis di industri mebel Jepara. Semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfat bagi pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar